Beranda > materi kredit > Pengertian Suku Bunga Dasar Kredit

Pengertian Suku Bunga Dasar Kredit


berdasarkan surat edaran nomor 13/5/DPNP tanggal 8 februari 2011 perihal Transparansi Informasi Bunga Dasar Kredit (SBDK) (prime lending rate), “SBDK adalah bunga terendah yang digunakan sebagai dasar bagi bank dalam menentukan bunga kredit yang dikenakan kepada nasabah bank.”

SBDK merupakan hasil perhitungan dari tiga komponen yakni harga pokok dana untuk kredit (HPDK) (bergantung kepada besarnya rata-rata cost of fund), biaya overhead yang dikeluarkan bank dalam proses pemberian kredit (bergantung kepada tingkat efisiensi operasional bank) ,dan margin keuntungan (profit margin) yang ditetapkan untuk aktivitas perkreditan (bergantung kepada profit margin yang dikehendaki bank untuk menjaga kinerja keuangannya).

SBDK belum termasuk premi risiko individual nasabah bank. premi risiko mempresentasikan penilaian bank terhadap prospek pelunasan kredit oleh calon debitor yang antara lain mempertimbangkan kondisi keuangan debitor, jangka waktu kredit,dan prospek usaha yang dibiayai.

komponen premi risiko tidak dimasukkan dalam unsure SBDK, hal ini dimaksudkan agar debitur melkukan langkah-langkah yang optimal untuk dapat menekan potensi risiko sehingga premi risiko yang dibebankan oleh bank dapat ditekan serendah mungkin.

perhitungan SBDK yang dilaporkan adalah dalam nilai rupiah. dimana untuk saat ini, laporan tersebut hanya berlaku untuk SBDK kredit korporasi, kredit ritel dan kredit kepemilikan rumah (KPR) dan Non KPR.

About these ads
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: